“All Skies Are Reachable In Unity” – MPLS2B 2018

Pada bulan juli 2018, SMAK Penabur Kota Tangerang mengadakan acara MPLS2B untuk memperkenalkan anak-anak kelas 10 yang baru masuk menjadi siswa AKT lingkungan sekolahnya yang baru. Ada 158 siswa siswi baru yang mengikuti acara ini. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari hari Sabtu, 14 Juli 2018 sampai Jumat, 20 Juli 2018.

Tema yang diambil untuk MPLS2B adalah ASKARANI yang merupakan akronim dari “All Skies Are Reachable In Unity” yang memiliki makna kalau semua hal adalah mungkin jika kita jalani bersama sebagai kesatuan. ASKARANI sendiri terbentuk dari bahasa sanskerta, askara yang berarti cahaya. Kata ini digunakan dengan harapan agar siswa-siswi SMAK Penabur KT yang baru dapat menjadi cahaya yang menerangi AKT kedepannya nanti.

Pada hari Sabtu, siswa-siswi datang untuk mendapatkan briefing acara MPLS2B yang akan mereka ikuti sampai hari Jumat. Mereka diberikan informasi –informasi seputar kegiatan MPLS2B seperti tata tertib peserta selama MPLS, pembagian kelompok dan buku acara, perkenalan dengan kakak=kakak mentor yang akan membimbing mereka selama MPLS, lagu tema, yel-yel, dan juga informasi seputar DAPODIK yang wajib mereka isi nantinya.

Dari hari pertama sampai hari ketiga, para peserta MPLS mengikuti berbagai macam sesi seputar sekolah dan latihan untuk talent show. Namun ada yang sedikit berbeda di hari ketiga, mereka tidak lagi latihan untuk talent show, melainkan sudah menampilkan talent show yang sudah mereka latih selama dua hari. Banyak sekali macam-macam show yang mereka tunjukkan dan semuanya  sangat menarik untuk dilihat.

Pada hari Jumat, para peserta MPLS tidak lagi mengikuti sesi di sekolah. Mereka semua pergi ke Nuansa Bali Anyer untuk melakukan lintas alam. Banyak sekali permainan menarik yang dapat mereka lakukan disana, seperti pillow war, find the coin, move the ball, dan beberapa permainan menarik lainnya. Mereka tidak hanya mendapatkan kesenangan dan rasa kebersamaan disana, banyak hal-hal lain yang mereka dapatkan seperti pentingnya bekerja sama, tidak panik saat ada halangan atau masalah, dan juga pentingnya mendengarkan arahan dari teman.

-Nathaniel Ardine / XII MIPA 2