PELANTIKAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA


 
Acara pelantikan Pramuka Penegak Bantara ini dimulai Bantara memasuki lokasi SMAK PENABUR Kota Tangerang pukul 16.00 WIB, kami mempersiapkan perlengkapan Apel Pembukaan, sampai ruang sesi dan peralatan pribadi. Setelah semua siap, kami menunggu Pembina Pramuka tiba dan siap di Aula sekolah, sementara menunggu kami sudah melakukan gladi bersih agar Apel Pembukaan bisa berjalan dengan baik.
Apel dimulai sekitar pikul 17.30 WIB, dimulai dari Pradana dan Pembina memasuki lapangan Apel, pengibaran Bendera Merah Putih, menyanyikan Lagu Hymne Pramuka, pembacaan Dasa Dharma sampai amanat dan doa. Apel berjalan cukup baik dan amanat yang disampaikan oleh Kak Nancy selaku Pembina adalah seputar “Apa Itu Bantara?” dan meyakinkan kami kalau kami harus siap menerima segala tanggung jawab dan konsekuensi sebagai Bantara kedepannya.

Setelah Apel selesai, Kak Rudi memberikan pengarahan tentang jadwal acara dan kegiatan selanjutnya adalah mempersiapkan makan malam, mandi dan membereskan barang pribadi. Makan malam yang singkat itu diisi dengan sosis goreng dan cah sayur, walaupun sederhana kami semua menyantap dengan lahap dan gembira. Pukul 19.40 WIB, kami mengikuti acara sesi I yang diisi oleh Kak Rudi, bertema “Wawasan Kebangsaan”. Beliau menyampaikan banyak hal positif didalamnya, tak lupa memberi aplikasi sehari-hari agar kami benar-benar melakukannya.

Setelah sesi I selesai, kami cukup terhibur dengan game kepemimpinan yang dibawakan oleh Kak Romian, disana kami benar-benar dilatih untuk menjadi seorang pemimpin dan anggota yang baik. Setelah game, lanjut sesi II tentang “Leadership” yang dibawakan oleh Kak Vernando dan disini kami diberitahu tentang apa itu pemimpin sesungguhnya. Dilanjut kembali oleh Kak Rudi dengan bagian-bagian yang ada dalam ambalan dan di sesi terakhir, kami berunding apa bagian kami masing-masing dan mulai membuat program kerja kami. Disini kami juga sudah mendiskusikan berbagai masalah yang muncul kedepan dan semua terjawab karena kami bekerjasama dengan baik, mendengarkan pendapat demi pendapat.

Sampailah kami pada acara yang cukup sacral, yaitu Prosesi Api Unggun. Walaupun terdengar sederhana, disana kami sedikit dihadang karena kayu yang basah akibat hujan dan membuat kami harus memutar otak agar api mau menyala. Akhirnya setelah api menyala, kami sama-sama berpegangan tangan, merefleksikan apa yang sudah didapat dari sesi sebelumnya dan memberi harapan untuk kedepannya, setelah itu ditutup oleh doa yang dipimpin Kak Blessing.

Setelah semua acara kami lalui, waktu menunjukan pukul 03.00 WIB dan masih gelap. Kami akhirnya sampai kepuncak acara yang sudah dinantikan oleh masing-masing kami dan kakak Pembina, yaitu penyiraman air bunya 9 rupa dan pembacaan Tri Satya. Kami dilantik di lapangan basket lantai 5 bersama 4 orang kakak Pembina. Setelah itu, kami semua di foto dalam keadaan masih basah, dilanjut dengan refleksi yang dipimpin oleh Kak Vernando, dimana kami harus mencari salah satu Ayat Alkitab yang paling menggambarkan kami sehubungan dengan acara pelantikan tersebut, setelah dapat kami berdoa masing-masing.

Setelah semua acara kami lalui, tibalah kami di Apel Penutupan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara. Apel juga berjalan dengan baik walaupun kami semua sudah lelah dan mengantuk karena tidak tidur, kami tetap menikmati kebersamaan kami dan kami bangga telah resmi dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara.

Setelah Apel Penutupan, waktu menunjukan pukul 03.30 WIB, waktunya untuk beristirahat sejenak. Pukul 06.30 WIB, kami semua berkumpul kembali untuk melakukan renungan pagi dan sarapan. Setelah semua selesai kami mengemas barang-barang kami serta tempat-tempat yang sudah kami gunakan kami bersihkan ketempat semula, setelah selesai semua kami kembali kerumah kami masing-masing. Banyak yang bisa kami dapatkan dari acara ini, terimakasih para Penegak Bantara dan Kakak Pembina yang senantiasa membimbing kami sampai saat ini. (Yolanda Audrey-XI IPS 1 – 35)