Menempa Rasa Percaya Diri dan Nasionalisme Lewat PASKIBRA


Tahun 2017 ini SMAK PENABUR Kota Tangerang merasa bangga karena salah satu siswanya menjadi wakil sekolah untuk menjadi pengibar bendera di KECAMATAN BENDA, nama siswi itu adalah AUDREE GERALDINE JONATHAN siswi kelas XI MIPA 2. Untuk menjadi seorang Paskibra Audree melewati banyak seleksi dimulai dengan seleksi bersama seluruh anggota PASKIB sekolah seluruh Kota Tangerang dan setelah lulus dari seleksi tersebut baru mengikuti pra-diklat. Acara di mulai dari tanggal 7-9 Juli 2017 dengan pertama-tama mengikuti DIKLAT di SMPN 13 Kota Tangerang. Setelah itu Audree ditunjuk oleh Koordinator wilayah Kecamatan Benda untuk mewakili pengibaran bendera di Kecamatan Benda dengan total siswa yang dipilih ada 12 putera dan 13 puteri.
Pada tanggal 13-31 Juli Audree mulai masuk ke pemusatan pelatihan di Gedung Olahraga Kecamatan Benda, jadwal kegiatan sangat padat mulai dari bangun pagi pukul 05.00, diawali dengan membersihkan diri dan dilanjutkan dengan apel pagi. Setelah apel pagi dilakukan latihan PBB sampai waktu menjelang sholat Dzuhur atau pukul 12.00 dilanjutkan dengan makan siang dengan lauk yang sederhana yaitu nasi, tahu, tempe, telor dan dengan sayur sop dan itu dirasakan hampir setiap hari selama mengikuti pusat pelatihan. Selesai makan siang dilanjutkan kembali latihan sampai menjelang magrib atau pukul 17.00 wib. Kegiatan ini dirasakan oleh Audree selama mengikuti pelatihan Paskibra. Dari kegiatan itu semua ada hari dimana Audree diberikan waktu khusus datang latihan pukul 10.00 karena diijinkan untuk melakukan ibadah terlebih dahulu di Gereja terdekat.
Tanggal 1 – 11 Agustus 2017 pusat pelatihan dipindahkan ke Basecamp yaitu lapangan kompleks dinas Perhubungan Udara dengan memulai latihan gerakan pengibaran dan penurunan bendera. Audree sendiri menginap di asrama Gedung Aula Serbaguna Basecamp dari tanggal 12-16 Agustus 2017. Tanggal 15 Agustus 2017 Audree beserta anggota Paskibra yang lainnya dikukuhkan menjadi PASKIBRA Kecamatan Benda.
Tanggal 17 Agustus 2017 adalah tanggal yang ditunggu oleh Audree dan teman-teman bangun pukul 03.00 wib guna melakukan persiapan pengibaran bendera (mandi, makan dll). Pukul 08.00 wib semua anggota sudah stand by di samping lapangan Kecamatan Benda. Hari itu menjadi hari bersejarah bagi Audree dan teman-teman anggota dikarenakan pengibaran dan penurunan bendera berjalan dengan lancar.
Tanggal 18 Agustus 2017 merupakan tanggal yang menyedihkan karena harus berpisah dengan sesama anggota PASKIB untuk pulang ke rumah masing-masing. Dari kegiatan ini Audree merasa bangga disitu mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan bagaimana menerapkan sikap toleransi karena Audree merasa bahwa berbeda dengan teman-teman yang lain baik agama, suku maupun yang lainnya. Audree bangga bisa menjunjung nasionalisme melalui kegiatan PASKIB ini, membawa nama baik sekolah dan Negara. Akhir kata Audree berpesan kepada teman-teman AKT untuk selalu berjuang dengan gigih baik melalui kegiatan akademik maupun non akademik dan jangan mudah putus asa tetap semangat meskipun tujuan atau keinginan belum tercapai. (ST)