Upacara dan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72

Pada tanggal 17 Agustus 2017, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-72. SMAK PENABUR Kota Tangerang mewarnai hari kemerdekaan dengan upacara dan berbagai perlombaan. Kegiatan upacara yang dilaksanakan tepat tanggal 17 Agustus ini diikuti oleh TK, SDK, dan SMPK Penabur Kota Modern, serta SMAK Penabur Kota Tangerang. Upacara yang dilaksanakan di lapangan depan dimulai dari pukul 06.45 sampai 07.35. Tim PASKIBRAKA SMAK Penabur Kota Tangerang memimpin upacara dengan baik sehingga upacara dapat berjalan dengan lancar.
Keesokan harinya, SMAK PENABUR Kota Tangerang mengawali kegiatan perlombaan dengan renungan pagi. Terdapat 7 lomba yang dilaksanakan, mulai dari gobak sodor, tarik tambang, memindahkan bola, fashion show, cerdas cermat, pidato, dan padangan. Lomba pertama adalah pidato yang dilaksanakan di aula, setiap kelas memberikan satu perwakilan bebas yang akan berpidato dengan tema “Meningkatkan nasionalisme generasi muda”. Lomba pidato ini dimenangkan oleh kelas 10 MIPA 1 yang diwakili oleh Diva Meisya dengan skor 281, dilanjutkan oleh juara kedua yang dimenangkan oleh Eliana dari kelas 12 MIPA 1 dengan skor 274, dan juara ketiga adalah kelas 12 MIPA 3 yang diwakili oleh Vincent dengan skor 265.
Lomba gobak sodor diikuti oleh setiap kelas yang diwakili oleh 5 siswa laki-laki dan 5 guru laki-laki. Lomba yang dilaksanakan di aula ini dimenangkan oleh kelas 12 IPS 2, kelas 12 IPS 1 sebagai juara kedua, dan juara ketiga dimenangkan oleh kelas 11 MIPA 2. Lomba tarik tambang yang diikuti oleh 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan dari setiap kelas ditambah dengan perwakilan dari guru. Lomba yang dilakukan di lapangan lantai 5 ini dimenangkan oleh kelas 12 IPS 2, juara kedua dimenangkan oleh kelas 12 MIPA 3, dan kelas 10 IPS 2 sebagai juara ketiga.
Setiap kelas memberikan 9 siswa sebagai perwakilan lomba memindahkan bola. Lomba ini dilaksanakan di lapangan lantai 5 yang dimenangkan oleh kelas 12 IPS 1, disusul oleh kelas 11 MIPA 1 sebagai juara kedua, dan juara ketiga yang diperoleh oleh kelas 12 MIPA 2. Lomba cerdas cermat yang sebelumnya sudah diadakan babak penyisihan sehingga tanggal 18 Agustus diikuti oleh 5 kelas yaitu, kelas 10 MIPA 1, 12 MIPA 1, 12 MIPA 2, 12 MIPA 3, dan 12 IPS 2. Lomba yang bertempatkan di aula ini dimenangkan oleh kelas 12 MIPA 3, disusul oleh kelas 12 MIPA 1 sebagai juara kedua, dan juara ketiga diraih oleh kelas 12 MIPA 2.
Lomba fashion show diwakilli 1 siswa dari masing-masing kelas yang menirukan tokoh-tokoh pahlawan. Tokoh-tokoh pahlawan yang ditirukan antara lain, Fatimah (istri Soeharto), Fatmawati, Raden Dewi Sartika, Raden Ajeng Kartini, Cut Nyak Dien, Cut Nyak Meutia, Nyai Ahmad Dahlan, Christina Martha Tiahahu, Pattimura, Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Jendral Soedirman, Ir. Soekarno, dan Ki Hajar Dewantara. Lomba yang dilaksanakan di aula ini dimenangkan oleh kelas 12 MIPA 2 yang diwakili oleh Hershania sebagai Christina Martha Tiahahu, juara kedua dimenangkan oleh kelas 12 MIPA 1 yang diwakili oleh Eurico sebagai Ir. Soekarno, dan kelas 11 IPS 2 yang diwakili oleh Sharon sebagai Raden Ajeng Kartini meraih juara ketiga.
Lomba terakhir adalah lomba padangan dimana setiap kelas mengirimkan 3 perwakilan yang akan menata makanan yang akan disantap oleh siswa dari kelas masing-masing. Lomba yang dilaksanakan di kelas masing-masing ini dimenangkan oleh kelas 12 MIPA 2, juara kedua adalah kelas 12 MIPA 1, dan kelas 12 MIPA 3 sebagai juara ketiga. Kegiatan perlombaan yang dilaksanakan tanggal 18 Agustus 2017 diakhiri dengan makan bersama di kelas masing-masing.(RB)

Catatan :
Foto-foto upacara dan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 dapat dilihat di Upacara dan HUT Kemerdekaan RI ke-72
(silakan di scroll/gulir ke bawah)