KESETIAAN TAK TERBATAS

Berhadapan dengan isu-isu perpecahan yang mengancam kesatuan bangsa hingga perceraian dalam keluarga yang semakin meningkat, kegiatan Bina Iman (BI) tahun 2017 mengangkat tema KESETIAAN. Tema besar ini pun dibagi menjadi dua sub tema utama yaitu kesetiaan kepada Tuhan dan kesetiaan kepada sesama. Seperti tahun lalu kegiatan BI SMAK PENABUR Kota Tangerang diselenggarakan paling pertama dari semua sekolah menengah atas penabur lainnya. Kegiatan BI berlangsung dari tanggal 2 sampai 4 Agustus di Zuri Resort & Convention, Cipanas.
Kegiatan yang dikhususkan untuk siswa kelas XI ini diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Tumpal Tobing. Mengawali khotbah seluruh siswa diajak untuk membuka hati dihadapan Tuhan melalui lantunan pujian open the eyes of my heart. Makna dari pujian itu diharapkan tersampaikan dengan baik agar seluruh peserta bersedia membuka hati mereka untuk menerima pengajaran selama kegiatan BI untuk mengubahkan hidup mereka menjadi lebih baik. Selesai ibadah, acara BI dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMAK Penabur Kota Tangerang, Bpk. Jurkes Panjaitan, S.Si. Dalam kata sambutannya, pak Jurkes menekankan pentingnya memahami nilai-nilai PKBN2K yang digalakan oleh BPK Penabur dengan benar, tidak hanya sebagai wacana atau dilupakan begitu saja, sehingga profil BEST terintegrasi dalam pikiran, perkataan dan tindakan siswa-siswi SMAK PENABUR Kota Tangerang.



Memulai sesi pertama, peserta BI yang berjumlah 137 orang dibagi dalam dua kelompok besar. Masing-masing kelompok mendapatkan esensi materi yang sama yaitu kesetiaan kepada Tuhan. Kelompok di ruang 1 diajar oleh Pdt. Tumpal Tobing dan kelompok ruang 2 oleh Pdt. Benget Tambunan. Sesi dilanjutkan setelah coffie break dengan learning activities sebagai implementasi materi yang disampaikan sebelumnya. Acara hari pertama di tutup dengan acara heart to heart, dimana peserta dibawa untuk merenungkan kembali perjalanan hidupnya yang tidak berkenan kepada Tuhan melalui ketidaksetiaan kepada tanggung jawab sebagai anak dalam keluarga, sebagai pelajar bahkan dalam relasi dengan teman.


Hari kedua diawali dengan renungan pagi pukul 05.30 kemudian dilanjutkan dengan olahraga pagi. Setelah itu peserta sarapan dan berkumpul di ruangan masing-masing dalam kelompok untuk mengikuti sesi 2 dengan tema kesetiaan kepada sesama. Sesi ini pun dilanjutkan dengan learning activities. Pembicara hari kedua ini adalah Pdt. Tohom Marison Pardede dan Pdt. Benget Tambunan. Setelah makan siang acara dilanjutkan dengan indoor games antara lain lypsinc battle, missing lyric dan cerdas cermat Alkitab. Antusiasme peserta untuk mengikuti lomba sangat tinggi. Persaingan antar kelompok memperebutkan juara dan mempertunjukan talenta masing-masing kelompok membuat waktu sangat cepat berlalu. Pada akhirnya, hari kedua diakhiri dengan Dedication Service, acara yang ditunggu-tunggu peserta BI sejak hari pertama. Pada sesi ini seluruh peserta dibawa dalam suasana meditasi selama kurang lebih satu setengah jam untuk memantapkan dan meneguhkan materi yang sudah diberikan selama dua hari.

Hari ketiga peserta BI bangun pagi untuk renungan pukul 05.30 kemudian dilanjutkan dengan games outdoor, setelah itu bersiap untuk berangkat pulang menuju SMAK PENABUR Kota Tangerang pukul 12.30. Seluruh rombongan peserta BI tiba di sekolah dengan selamat pukul 17.00 dan kembali kerumah masing-masing dengan tekad setia kepada Tuhan dan sesama sampai akhir. (IN)