KARYAWISATA KELAS XII

Kegiatan karyawisata adalah agenda tahunan yang dilakukan oleh SMAK PENABUR Kota Tangerang. Kegiatan karyawisata tahun ini di ikuti oleh seluruh kelas XII baik program IPA maupun IPS dengan jumlah siswa 169 siswa dan 11 orang guru pendamping. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan kunjungan ke Universitas Negeri maupun swasta di Kota Bandung dengan harapan siswa kelas XII memiliki referensi universitas dan program studi yang akan diambil ketika mereka telah menyelesaikan program studi di jenjang SLTA. Selain memperkenalkan dunia kampus, siswa juga diajak untuk mengunjugi berbagai tempat untuk mengembangkan keterampilan seperti museum seni, museum iptek, dan perusahaan kaos C59.

Hari I – Rabu, 2 Agustus 2017
Peserta kegiatan karyawisata berkumpul di sekolah pukul 05.30 WIB dan berangkat ke Bandung pukul 06.00 WIB dengan menggunakan starbus. Perjalanan Tangerang – Bandung memakan waktu 4,5 jam akibat adanya perbaikan tol sehingga kondisi jalan tol menjadi macet. Sesampainya di Bandung, pada pukul 10.30 WIB rombongan siswa dan guru langsung menuju Universitas Maranatha dan sesampainya disana, siswa dan guru disambut dengan sangat baik. Acara di Maranatha diawali dengan acara penyambutan di AULA, lalu guru dan siswa diajak untuk melakukan kunjungan ke fakultas kedokteran, fakultas teknik dan fakultas ekonomi. Para siswa di dampingi oleh mahasiswa dan bagian humas universitas. Lama kunjungan di Universitas Maranatha 3,5 jam, dan anak – anak merasa senang dan antusias. Pada pukul 13.30 rombongan karyawisata menuju ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dan disambut oleh bagian Humas ITB. Peserta disambut di aula kampus ganesha 10. Siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan dari humas ITB yakni mengenai jalur masuk ITB, program studi dan jumlah fakultas. Jalur masuk ITB hanya melalui 2 cara yaitu jalur prestasi (SNMPTN) dan jalur tes SBMPTN. Anak – anak banyak bertanya tentang program beasiswa, asrama dan program studi yang sesuai dengan minat mereka. Lama kunjungan di ITB hanya 1 jam tetapi informasi yang diberikan sangat lengkap dan representatif meskipun tidak ada kunjungan ke fakultas karena waktu yang terbatas. Setelah dari ITB, rombongan karyawisata melanjutkan perjalanan menuju β€œSaung Udjo” yang menyuguhkan pertunjukan permainan angklung yang merupakan salah satu music tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Di sana siswa bukan hanya disajikan pertunjukan permainan angklung, tetapi pengunjung diajari cara memainkan angklung oleh pemilik pertunjukan tersebut. Setelah pertunjukan selesai, pukul 19.00 rombongan menuju ke Hotel Mutiara untuk check – in dan beristirahat.

Hari II – Kamis, 3 Agustus 2017
Hari ke – 2, siswa dan guru meninggalkan hotel jam 19.00 dan langsung menuju lokasi destinasi berikutnya. Siswa kelas XII IPA menuju ke Balai Inseminasi Buatan Lembang dan siswa kelas XII IPS menuju ke perusahaan kaos C59. Kunjungan ke Balai Inseminasi Buatan berjalan dengan baik. Peserta disambut di Aula untuk mendengarkan penjelasan singkat mengenai prosedur/teknik inseminasi buatan, manfaat, dan jenis –jenis hewan yang merupakan produk inseminasi buatan. Siswa IPA mendengarkan dengan antusias, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan ke pembicara. Setelah mendengarkan penjelasan dari pihak BIB, siswa diajak untuk berkeliling menuju ke kandang hewan dan laboratorium tempat penyimpanan semen. Tetapi, siswa tidak diperkenankan masuk ke laboratorium dan mendekati kandang hewan karena harus dijaga kesterilannya. Kunjungan kelas XII IPS ke perusahaan kaos C59 juga berlangsung dengan baik. Siswa diberi pembekalan terlebih dahulu bagaimana perjuangan owner dalam merintis usaha tersebut , bagaimana teknik pembuatan kaos dan teknik pemasaran kaos tersebut. Lalu, siswa di ajak untuk melihat proses produksi pembuatan kaos mulai dari pembuatan pola, pemotongan, proses menjahit hingga mencetak sablon kaos – kaos tersebut. Anak diberikan kesempatan untuk mencoba membuat miniatur kaos. Peserta kunjungan sangat antusias dalam melakukan hal tersebut dan memberikan pengamalaman tersendiri dan memberikan ide agar siswa dapat menciptakan wirausaha sendiri di masa depan. Kunjungan berikutnya, baik siswa kelas XII IPA maupun XII IPS langsung menuju Universitas Katolikn Parahyangan Bandung (UNPAR). Ketika melakukan kunjungan, siswa dan guru disambut dengan baik. Siswa langsung diajak berkeliling fakultas dan diberi pembekalan di Aula. Sama halnya dengan Marantha dan ITB, siswa diberikan informasi dan jalur masuk menuju ke UNPAR. Kunjungan tersebut diapandu oleh humas dan mahasiswa yang tergabung dalam himpunan mahasiswa.
Setelah dari UNPAR, siswa langsung melakukan kunjungan ke Nu Art Museum. Di museum tersebut, banyak sekali koleksi dari bapak Nyoman yang merupakan pembuat patung GWK yang sangat terkenal di Bali. Selain, berkeliling melihat hasil karya bapak Nyoman, siswa diajak menuju ke suatu ruangan untuk menyaksikan video bagaimana latar belakang karya – karya yang berada di museum tersebut dibuat. Anak – anak tertarik dan antusias dan kunjungan tersebut dapat mengingatkan mereka bahwa mengharumkan nama bangsa dapat dilakukan dengan hasil karya seni bukan hanya dari segi akademik dan diharapak setelah kunjungan, siswa memiliki rasa cinta terhadap budaya sendiri dan mau menjaga kelestarian budaya dari pengaruh modernisasi. Pukul 18.00 rombongan karyawisata melanjutkan perjalanan menuju ke mall Paris Van Java. Disana anak –anak diberikan kesempatan untuk refreshing dan menghabiskan waktu terakhir di Bandung. Pukul 20.30 anak – anak kembali ke Hotel Mutiara untuk beristirahat.

Hari III – Jumat, 4 Agustus 2017
Hari ke – 3, siswa dan guru meninggalkan hotel jam 08.30 menuju ke museum puspa iptek sundial. Di museum ini banyak percobaan pembelajaran yang berkaitan dengan penerapan ilmu fisika. Pukul 12.00, rombongan karyawisata meninggalkan kota Bandung menuju ke Tangerang
Secara umum, kegiatan karyawisata tahun ini berjalan dengan baik dan tujuan melakukan kunjungan tercapai. Anak – anak mendapatkan informasi yang lengkap dari PTN maupun PTS yang dikunjungi. Siswa kelas XII memiliki gambaran tentang program studi universitas yang dapat mereka pilih ketika mereka hendak melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Pelajaran yang di dapatkan oleh siswa yakni kemampuan non akademik dapat membawa seseorang menuju kesuksesan bukan hanya kemampuan akademik saja. Kunci menuju sukses adalah mengetahui passion yang berada dalam diri dan berusaha mengembangkannya melalui pendidikan yang sudah diperoleh.(MY)

Catatan :
Foto-foto KaryaWisata bisa dilihat di : Foto-foto KaryaWisata
(mohon di scroll/gulir ke bawah)