SMAK PENABUR Kota Tangerang Ikut Perlombaan Olimpiade Sejarah UI 2016

Tahun ini FIB UI kembali menyelenggarakan Olimpiade Sejarah. Acara ini biasanya rutin diadakan, Tp sdh 3 tahun lalu sempat berhenti. Dan tahun 2016 kembali diadakan. Event Ini cukup bergengsi. Knp bergengsi? krn diselenggarakan oleh salah satu kampus terbaik di Indonesia, dan diikuti oleh sekolah2 unggulan dr SEJABODETABEK dan 1 dr Kendari. Ada 7 bidang yg diperlombakan: debat, cerdas cermat, Tutur Sejarah, Esai, Puisi, Komik.
AKT utk pertama kalinya ikut dlm Event ini. Awalnya tdk terpikirkan ikut krn mmg tdk tahu. Tp 1.5 minggu sebelum acara berlangsung, saya mendapat informasi acara ini. Akhirnya diputuskan AKT mengikutinya. Dengan persiapan yg terbatas selama 1.5 minggu, saya mencoba mempersiapkan dg semaksimal mungkin. Mulai dr cari calon peserta, menyeleksi peserta. Maka terbentuklah tim ini dg beranggotakan: Rina Bertha (XI S1); Maria Stevani (XII S); Rahel & Rivaldo (XII A1); Angelica, Cinthya, Catherine, Hamonangan (semua XII A2). Saya kemudian mencoba mencari materi, dan membimbing/melatih anak2 yg luarbiasa ini dlm 5 kali pertemuan dg durasi 2-4 jam setiap pertemuannya. Sampai pulang malam.
Harapan saya kpd Tim ini tdk muluk2, minimal ada yg tembus perempat final (dan ternyata ada yg sampai semifinal). Selain itu, target saya hanya ingin mereka serius dan bertanggungjawab ketika mempersiapkan dan mengikuti acara ini. Kalau tdk serius, saya tdk segan mengganti. Tp kalau mereka serius, saya jg akan memberikan kepercayaan yg besar. Itulah prinsip saya. Akhirnya harapan saya kpd Tim ini tdk sia2. Mereka kemudian berjuang dg maksimal. (Berharap ada hal2 positif yg mereka dapatkan, boleh memperlengkapi mereka ke depan mjd orang2 hebat).
Singkat cerita, Akhirnya perlombaanpun berlangsung. Hari pertama Tim Cerdas Cermat SMAK PENABUR Kota Tangerang berhasil menempati peringkat ke 2 dr 25 sekolah dan berhak masuk semifinal. Tim Debat, dibabak 32 besar berhasil menempati peringkat 5 (dr 32 sekolah), Setelah mengalahkan SMAN 81 Jkt.
Di hari ke 2, Tim cerdas cermat SMAK PENABUR Kota Tangerang sayangnya kalah disemifinal dr SMAN 81 Jkt & SMAN 1 Depok. Sedangkan Tim debat berhasil mengalahkan SMAN 37 Jakarta, dan berhasil masuk ke 8 besar (dg peringkat no. 2 dr 16 sekolah). Yang di babak 8 besar akan bertemu dg SMAN 6 Depok utk memperebutkan tiket 4 besar. Tp sayang, dg selisih tipis 3 point, kita kalah. Hari ini, hari ke tiga, saya hadir di final cerdas cermat, debat, dan pengumuman seluruh lomba, dan penutupan perlombaan. Seluruh perlombaan akhirnya diumumkan. Sempat harap2 cemas, dan berharap salah satu perlombaan dr Tutur Sejarah, Puisi Sejarah, Esai Sejarah, Komik Sejarah, Poster Sejarah, ada yg juara. Tp ternyata, Tuhan blm mengijinkan SMAK PENABUR Kota Tangerang untuk juara. Tetap Bersyukur.
Kiranya dilain Waktu dan kesempatan, SMAK PENABUR Kota Tangerang bisa berpartisipasi dan bisa meraih hasil yg lebih baik lagi.

Rudi Kristiawan
(Guru Sejarah/Pelatih/Pendamping)