In House Training (IHT) “Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013”

Pada tanggal 3 s.d. 5 Oktober 2013, SMAK PENABUR Kota Tangerang menggelar agenda Kegiatan In House Training (IHT) tentang Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Kegiatan tersebut diikuti oleh kepala sekolah dan semua guru mata pelajaran. Kegiatan selama 3 hari ini melanjutakan, kegiatan IHT yang telah diikuti oleh SMAK PENABUR Kota Tangerang pada tanggal 17 September 2016 yang lalu.
Pada hari pertama, kegiatan diisi oleh Bapak Drs. Budi Setia dengan membawakan materi “Pendampingan Berbasis Sekolah” yang dibawakan kurang lebih selama satu jam, setelah istirahat, materi berikutnya “Pembelajaran Aktif dan Kompetensi, Materi, Pembelajaran dan Penilaian” dibawakan oleh Bapak Drs. H. Sudiono, M.M., yang juga selaku Pengawas SMAK PENABUR Kota Tangerang. Setelah istirahat makan siang, materi keempat yaitu “Analisis Kompetensi Pembelajaran dan Penilaian : Analisis Dokumen, SKL, KI, KD, Silabus dan Pedoman Mata Pelajaran dan Analisis Materi dalam Buku Teks Pelajaran” dibawakan oleh Drs. H. Erizal, M.M. di Lab. Komputer, agar para peserta dapat langsung mempraktekan materi tersebut.


 

Pada hari kedua, Bapak Drs. H. Supandi, M.A. membuka dengan materi “Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)”, kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu nasional “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan beberapa permainan yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Sehabis istirahat, Bapak Drs. H. Sudiono, M.M. kembali membawakan materi “Analisis Penilaian Hasil belajar” yang berlangsung sampai dengan istirahat makan siang. Bapak Drs. H. Erizal, M.M. kembali membawakan materi terakhir hari kedua yaitu “Analisis Penerapan dalam Model Pembelajaran dan Praktik Pembelajaran dan Penilaian.”


 

Hari ketiga, kembali kegiatan In House Training (IHT) tentang Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan di Lab. Komputer dengan materi “Praktik Pembelajaran dan Penilaian dan Review hasil Praktik” yang disampaikan oleh Drs. H. Erizal, M.M. sampai dengan waktu istirahat makan siang. Setelah istirahat makan siang, materi terakhir yaitu “Praktik Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar” dibawakan oleh Bapak Drs. H. Sudiono, M.M.
Itulah rangkaian kegiatan In House Training (IHT) tentang Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang diadakan oleh SMAK PENABUR Kota Tangerang selama 3 hari, kiranya kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi Guru dan Karyawan SMAK PENABUR Kota Tangerang. (SU)