Totalitas dalam Karya Menghadapi Akreditasi Pertama SMAK PENABUR Kota Tangerang

Pada tanggal 16 Agustus 2016, SMAK PENABUR Kota Tangerang melaksanakan kegiatan akreditasi sekolah. Ini merupakan akreditasi pertama sejak sekolah ini berdiri pada 1 Juli 2013. Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Dasar hukum dari kegiatan ini adalah Undang-Undang No.20 Tahun 2013 Pasal 60, Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2015 Pasal 86 dan 87 dan Surat Keputusan Mendikbud No. 87/U/2012.
Apabila sebuh sekolah telah terakreditasi, akan ada beberapa hal bisa dilakukan oleh sekolah tersebut, salah satunya adalah sekolah dapat menyelenggarakan ujian secara mandiri tanpa harus menginduk pada sekolah lainnya. Hasil akreditasi juga bisa digunakan sebagai acuan bagi para orangtua yang akan menyekolahkan anaknya ataupun calon siswa baru untuk memilih sekolah yang memang memiliki kualitas baik. Dengan demikian tidak aka nada keraguan bagi orangtua maupun calon siswa untuk belajar di sekolah yang telah terakreditasi, apalagi dengan nilai A.
Persiapan yang Pendek dan Melelahkan
Informasi yang diperoleh sekolah bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan akreditasi oleh tim asesor adalah lima hari sebelum pelaksanaaan akreditasi. Walaupun secara administrasi para guru sudah melakukan persiapan, tetap saja terlihat kesibukan yang luar bisa di SMAK PENABUR Kota Tangerang. Kesibukan itu semakin nampak karena sejak hari Jumat sampai Senin malam guru diwajibkan masuk bahkan selama empat hari itu guru dan karyawan lembur dari pagi sampai malam hari.
Selain mempersiapkan administrasi sekolah para guru juga tampak sibuk mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis, seperti persiapan penyambutan dan penyajian profil sekolah. Untuk menyambut tim asesor yang akan melakukan visitasi, siswa dari kegiatan ekskur tari, musik, dan paduan suara berlatih secara rutin untuk memberikan penampilan terbaiknya. Mereka berlatih tari di bawah bimbiangan Bu Adriani, vocal dipandu oleh Ibu Inggrid, dan seni musik oleh Pak Henry. Selain itu juga Nampak kesibukan yang lain, yaitu mematangkan profil sekolah yang akan digunakan oleh Kepala Sekolah untuk memaparkan profil SMAK PENABUR Kota Tangerang. Nampak satu orang guru yang selalu duduk diam dan memandangi laptop dan layar televise mengolah berbagai macam data visual untuk dijadikan sebuah tayangan film yang menarik, sosok itu adalah Pak Agustinus Suprimanto.
Itu tukang pun ikut berbenah. Bangunan SMAK PENABUR Kota Tangerang memang bisa dikatakan sekolah yang fasilitasnya sangat minim. Namun demikian semua ruangan bisa difungsikan secara maksimal. Salah satu contoh ruangan yang multifungsi adalah ruang OSIS. Ruangan ini selain sebagai ruang OSIS juga digunakan sebagai ruang Vokal dan English Corner. Hampir setiap waktu ruangan ini difungsikan dengan maksimal.
Pelaksanaan Akreditasi yang Melegakan
Sekitar pukul 08.30 WIB kedua asesor yaitu Bapak Dr. Bahruddin, M.Si,M.Pd dan Ibu Fitri Liza, MA, keduanya adalah dosen di Perguruan Tinggi di Banten tiba di SMAK PENABUR Kota Tangerang. Mereka begitu turun dari kendaraan langsung disambut oleh Ibu Justina untuk diperkenalkan kepada Kepala Sekolah, Bapak Pangkiriman Sinaga, S.Si. Selanjutnya kepala sekolah memperkenalkan pengurus, pejabat struktural, para guru, dan karyawan kepada tim asesor. Ketika masih di halaman sekolah, asesor disambut dengan tarian yang sudah dipersiapkan oleh para siswa. Sebanyak empat siswa putra dan lima siswa putri menarikan tarian kontemporer Jawa dan Sumatera yang sangat indah. Para tamu yang hadr Nampak terhibur dan terpesona oleh tampilan penari ini. Selesai tarian disajikan muncul dua pasang siswa berpakaian Betawi dan Bali membawa buket untuk diserah kepada asesor. Setelah itu ada ucapan selamat dating dari dua siswa dengan menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Inggris, Mandarin, dan Prancis. Selanjutnya para tamu dan undangan menuju selasar sekolah untuk menyaksikan tampilan choir dan musik yang menyanyikan lagu Bolelebo dari daerah Nusa Tenggara.
Asesor selanjutnya menuju ruang presentasi dengan didampingi oleh Kasek, Bapak Pangkiriman Sinaga, S.Si, Ibu Priscilla dan Bapak Antono Yuwono, selaku pengurus Yayasan BPK Penabur Jakarta, Ibu Etiwati, S.Pd, M.M. selaku kepala Devisi Pendidikan , dan para wakil kepala sekolah, Ibu Nancy Logahan dan Bapak Jurkes Panjaitan. Setelah saling memperkenalkan diri dan menampilkan profil sekolah, dilanjutkan dengan pidato singkat dari Ibu Priscilla dan dilanjutkan dengan asesor menyampaikan rencana kegiatan visitasi ke lingkungan sekolah.
Hampir semua ruangan yang ada di SMAK PENABUR Kota Tangerang dimasuki oleh Asesor. Di semua ruangan guru telah siap menerima kedatangan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh asesor. Ruangan pertama yang dikunjungi adalah ruang perpustakaan yang kebetulan berdekatan dengan ruang presentasi. Di sini asesor menanyakan tentang koleksi buku, data pengunjung, dan jaringan internet yang bisa langsung terhubung dengan perpustakaan Nasional. Semua pertanyaan dijawab dengan baik oleh pustakawan sekolah. Bahkan ketika memasuki laboratorium Kimia, Ibu Fitri Liza berkenan untuk mengabadikan satu lemari tempat diletakkannya alat-alat cawan/ tabung praktikum. Menurut beliau gambar itu akan dijadikan model. Selain itu ketika memasuki ruang OSIS terlihat percakapan yang sangat menarik antara Ibu Fitri dengan beberapa siswa yang tampak fasih menggunakan bahasa Inggris. Mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris karena kebetulan hari itu adalah hari Selasa yang merupakan English Day di SMAK PENABUR Kota Tangerang. Walaupun ruangan itu sempit dan banyak orang di dalamnya, tetapi kegiatan yang ada sungguh sangat menarik perhatian pada asesor. Begitu pula ketika asesor masuk ruang laboratorium computer dan bahasa, dialog antara Pak Sudjianto selaku guru Bim TIK dengan asesor juga sangat menarik. Penjelasan yang diberikan dan jawaban setiap pertanyaan membuat asesor semakin memahami multifungsi ruangan tersebut.
Selesai melakukan visitasi, tim asesor kemudian melanjutkan kegiatan pengecekan data administrasi sekolah. Bisa dikatakan hampir semua data yang diperlukan dan ditanyakan oleh asesor dapat dibuktikan dengan data yang diperlukan. Selama kegiatan pengecekan data di ruangan ditayangkan website SMAK PENABUR Kota Tangerang yang berisi berbagai foto kegiatan sekolah baik di dalam maupun di luar sekolah sehingga memudahkan asesor untuk mengecek data kegiatan sekolah. Beberapa masukan dan catatan memang disampaikan oleh asesor dan itu menjadi satu masukan yang positif bagi sekolah. Selesai mengecek setiap instrument yang diperlukan dan melakukan validasi terhadap data yang ada, asesor pun mengakhiri kegiatan visitasi. Kepada masing-masih asesor diserahkan cinderamata berupa lukisan wajah masing-masing asesor yang dilakukan oleh Jesselyn dan Pak Hendy, guru seni lukis SMAK Penabur Kota Tangerang. Ibu Fitri sangat menyukai lukisan dirinya yang menurutnya sangat mirip dengan aslinya sedangkan lukisan wajah Pak Bahrudin menurut beliau membuatnya tampak sangar. Selain souvenir lukisan juga diserahkan foto profile visitasi di sekolah.
Kegiatan akreditasi di SMAK PENABUR Kota Tangerang bisa dikatakan berjalan sangat lancer. Walaupun persiapan teknisnya sangat pendek, ternyata seluruh keluarga besar SMAK PENABUR Kota Tangerang dapat menunjukkan kerja sama yang baik dan maksimal. Meski nampak kelelahan, kami merasa sangat lega dan puas dengan kinerja kedua asesor yang telah membantu kami, para guru, karyawan, dan siswa dalam mewujudkan sekolah yang mandiri dan berkualitas. Kiranya semua usaha dan karya yang telah kami lakukan dapat membuahkan hasil yang baik sesuai dengan harapan, yaitu mendapatkan nilai A. Tuhan memberkati. (oleh : JU’16)