Menatap Masa Depan di Paris Van Java

“Ini nih calon universitas gue tahun depan,” ujar salah satu siswa SMAK PENABUR Kota Tangerang (SMAK KT) kala menginjakkan kaki di Universitas Indonesia (UI) pada Rabu (3/8).

Ya, tepat pada hari itu, siswa/i kelas XII mulai mengikuti kegiatan karyawisata ke Bandung yang diadakan selama 3 hari 2 malam. Bus yang ditumpangi rombongan berangkat dari sekolah pada pukul 06.00 WIB. Semangat terasa ketika bus tiba di tujuan pertama, yakni UI, universitas terbaik yang ada di Indonesia. Animo itu tidak juga reda pada sore harinya, karena adanya kunjungan ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada malam hari, rombongan bergerak menuju ke Saung Angklung Udjo untuk menikmati suguhan pertunjukkan seni tradisional sekaligus hidangan santap malam.

Pada Kamis (4/8), kegiatan diawali dengan renungan pagi bersama dan sarapan di hotel. Dilanjutkan dengan kunjungan ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) dan Maranatha Christian University (MCU). Di sana, siswa/i kelas XII diajak berkeliling kampus untuk lebih mengetahui seputar kehidupan mahasiswa. Acara pada malam hari ialah acara bebas bagi siswa/i dan guru-guru pendamping di Paris Van Java (PVJ) Mall.

Pada hari terakhir, Jumat (5/8), setelah mengawali hari dengan renungan pagi bersama dan sarapan, siswa/i diajak untuk berbelanja oleh-oleh di Kartika Sari. Perjalanan dilanjutkan ke Puspa IPTEK Sundial, di mana siswa/i bisa menikmati beragam permainan untuk pemanasan otak.

“Acaranya asik karena bisa ngumpul bareng temen-temen dan banyak waktu bebasnya. Bisa lebih mengerti bagaimana memilih dan cara masuk ke universitas yang baik,” ungkap Jonathan B.D, salah satu peserta karyawisata.

“Asik sih acaranya. Selain jalan-jalan, gue juga bisa dapet informasi tentang universitas yang gue mau. Banyak banget manfaat yang terasa. Kita jadi tahu kelebihan dan kekurangan universitas negeri dan swasta. Ya, semoga aja dengan adanya karyawisata ini, kita bisa jadi tahu mau masuk jurusan apa dan di mana,” terang Samuel Areliano, peserta karyawisata lain.

Kunjungan ke universitas-universitas bergengsi ini diharapkan cukup membuka mata siswa/i kelas XII SMAK KT bahwa ke depannya, mereka akan melalui perjalanan yang cukup panjang dan rumit untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta incaran masing-masing. Semoga karyawisata ini bisa memompa semangat dalam diri siswa/i kelas XII SMAK KT agar tidak cepat jenuh dan bosan dalam belajar dan menggapai cita-cita kelak.(AKTMagz/Evelyn Sippy)