BINA IMAN SISWA 2016

Kegiatan Bina Iman (BI) siswa SMAK PENABUR Kota Tangerang tahun 2016 diselenggarakan dalam tema pengendalian diri. Seluruh acara yang dirangkum dalam tiga hari pada tanggal 3-5 Agustus 2016 di Zuri Resort & Convention, Cipanas ini bertujuan untuk membekali peserta didik mengendalikan diri ketika berinteraksi dan mengaktualsasikan diri dalam dunia yang sangat berkembang. Peserta BI merupakan 166 siswa kelas XI tahun pelajaran 2016/2017.

Hari pertama dibuka dengan ibadah oleh Pnt. Indra K. Tjandra (GKI Kota Modern). Setelah ibadah peserta dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu passion dan emotion. Sesi pertama pada kelompok passion dibawakan oleh Pnt. Indra K. Tjandra (GKI Kota Modern) dan kelompok emotion oleh Pdt. Bonnie Andreas (GKI Ciledug) dengan fokus materi penguasaan diri seturut dengan Firman Tuhan. Sesi pertama dilanjutkan dengan pendalaman materi melalui learning activity. Tujuannya agar peserta dapat menerapkan materi yang diterima pada sesi pertama melalui beberapa aktivitas yang dilakukan dalam kelompok yang lebih kecil.

Hari kedua dimulai dengan renungan bersama. Setelah renungan, semua peserta mengikuti senam dan sarapan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua dalam dua kelompok besar dengan fokus materi remaja Kristen dan penguasaan diri. Sesi II pada kelompok passion dibawakan oleh Pdt. David Kusuma (GKI Gading Indah) dan kelompok emotion oleh Pnt. Indra K. Tjandra (GKI Kota Modern). Sesi ini juga  diakihiri dengan pendalaman materi melalui learning activity. Pada malam harinya dilakukan dedication service. Kegiatan ini memberikan waktu dan kesempatan kepada peserta untuk berefleksi secara pribadi berdasarkan materi-materi yang sudah di dapat dalam setiap sesi, dan mengajak mereka berkomitmen untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, mulai dari dalam keluarga, sekolah, gereja dan masyarakat. Dedication service kelompok passion dipimpin oleh Ev. Stellaria Teguhsukmana (GKI Jatinegara) dan kelompok emotion oleh Pdt. David Kusuma (GKI Gading Indah).

Hari terakhir diawali dengan renungan pagi dilanjutkan dengan permainan outdoor. Pada akhirnya acara BI ini ditutup dengan ibadah penutupan oleh Ev. Stellaria Teguhsukmana (GKI Jatinegara).

Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam BI berlangsung dengan baik dan lancar. Kesimpulan ini merupakan hasil pengamatan panitia dan angket evaluasi dari peserta. Dari angket tersebut diketahui bahwa 90% peserta sangat menikmati kegiatan ini. Mereka mendapatkan banyak manfaat, baik itu dari setiap sesi maupun games yang diberikan. Mereka mengungkapkan bahwa setiap pembicara dapat menyampai materi sesuai dengan tema yang diberikan dan dengan metode yang menarik dan kreatif. Semua peserta aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Demikian juga dengan fasilitas yang mereka terima. Baik itu menu maupun kamar dari Zuri Resort & Convention. Namun demikian hasil angket juga menunjukan agar diusulkan setiap kamar diberi jam dinding karena mereka tidak diijinkan membawa handphone sebagai penanda waktu.

Catatan : foto-foto dan video Bina Iman Siswa, bisa dilihat pada menu Galeri.