Catatan Harian MPLS2B

Jumat, 15 Juli 2016
Seluruh Calon Siswa/Siswi berkumpul di aula SMAK PENABUR Kota Tangerang kurang lebih pukul 06:30 . Diawali dengan pengenalan beberapa guru oleh Ibu Nancy S Logahan, S.E. lalu di buka dengan kata sambutan oleh Bapak Pangkiriman Sinaga, S.Si., kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok yang totalnya berjumlah 16 kelompok dengan Konsep GALAXY (Growing and Learning to Achieve Excellent Since Young). Setelah itu dilanjutkan dengan Pengenalan lagu – lagu, seperti MARS BPK PENABUR dan Lagu Tema MPLS2B. Setelah kelompok terbentuk dan lagu juga telah di ajarkan, calon Siswa/Siswi bersama GoG (Guardian of the Galaxy) diberikan waktu senggang saling mendekatkan diri satu sama lain. Acara selesai Pukul 10:00.

Rabu, 20 Juli 2016
Seluruh Calon Siswa/Siswi memulai kegiatan MPLS2B yang di awali dengan Kebaktian awal tahun bersama dengan Siswa Kelas XI dan XII mulai dari Pukul 06:30 hingga Pukul 08:00 setelah itu di lanjutkan denga sesi PKBN2K yang dibawakan oleh ibu Dorkas Jami, M.Si hingga Pukul 09:00. Kegiatan selanjutnya adalah Wiyata Mandala selama kurang lebih 30 menit, bersama GoGnya masing – masing mereka mengelilingi sekolah dan mengenal lebih dalam sekolah dan seluruh infrastukturnya. Pada saat yang sama, Guru di bantu oleh Panitia melakukan Sidak dan merazia benda – benda yang dilarang oleh tatib seperti Handphone, Parfume, Handsfree, Lipbalm dan lain lain. Jam menunjukan pukul 09:30 Semua Peserta MPLS2B dan Panitia Istirahat makan. Setelah selesai istirahat makan, Kegiatanpun di lanjutkan. Namun, diawali dengan menginformasikan tentang barang – barang yang disita, dan mendata kepemilikian barang. Kemudian kami melanjutkan sesi berikutnya yaitu mengenai Profil BPK Penabur Jakarta dan Sekolah, dilanjutkan pengenalan OSIS MPK dan kurikulum. Masih ada 2 sesi selanjutnya, tapi kami jeda dengan ice break berupa games. Setelah selesai ice break berikut, sesi ekstrakurikuler dimana Siswa/I dijelaskan mengenai apa saja ekstrakurikuler yang ada di SMAK KT dan mereka diberikan pengarahan mengenai eskur wajib yang harus dipilih dan apa yang ingin mereka pilih secara bebas. Dan acara hari ini diselesaikan dengan sesi terakhir yaitu sesi pencegahan NAPZA. Acara PLS2B ini di tutup dengan doa perwakilan panitia.

Kamis, 21 Juli 2016
Hari kedua PLS2B SMAK Penabur Kota Tangerang dimulai dengan renungan oleh Bu Inggrid pada pukul 06.30. Acara pada hari ini dimulai dengan pembelajaran mengenai tata upacara dan peraturan baris-berbaris yang dipimpinoleh anggota Paskibra SMAK KT. Sekitar 1 jam setengah mereka berlatih bersama di lapangan yang dibagi dari beberapa kelompok menjadi kelompok yang lebih besar lagi. Setelah itu, mereka diberikan waktu istirahat terlebih dahulu selama 15 menit. Dilanjutkan dengan berbagai sesi yang salah satunya dimulai dengan sesi pramuka dimana Bantara Pramuka SMAK KT menjelaskan lengkap mengenai eskur pramuka yang wajib diikuti oleh siswa/I kelas X. Dilanjutkan dengan sesi yang dibawakan oleh Wakasis sendiri, sesi tata tertib dan tata krama. Sesi tersebut berjalan kurang lebih 1 jam, dan langsung di lanjutkan dengan Sesi lagu – lagu dimana Selurh peserta MPLS2B menyanyikan lagu – lagu daerah dan lagu tema. Waktu menunjukan pukul 12:00 dan seluruh peserta MPLS2B beristirahat makan siang. Sesi selanjutnya adalah IAYP dimana Peserta diberitahu tentang apa itu IAYP dan Bagaimana cara mereka kelak berpartisipasi. Berikutnya Materi Bullying yang di bawakan oleh bpk. Sthepanus Pitra P, S.Pd, selama kurang lebih 45 menit dan langsung di lanjutkan dengan sesi cara belajar efektif oleh Ibu Angelia Emy Soenarto, S.Pd. selama 30 menit. Kegiatan terakhir adalah persiapan talent show bagi setiap kelompok untuk nantinya ditampilkan pada hari Jumat, 22 Juli 2016 di Anyer. Sebelum pulang seluruh peserta di bagikan baju tema MPLS2B untuk di pakai esok harinya ketika lintas alam.

Jumat, 22 Juli 2016
Semua peserta MPLS2B berkumpul di sekolah kurang lebih pukul 06:00 dan naik bus pukul 06:15, dilanjutkan dengan berdoa dan langsung memulai perjalanan ke Anyer. Tempat yang kita pilih untuk melangsungkan acara lintan ini adalah Nuansa Bali Resort, Anyer. Kita sampai di Anyer kurang lebih pukul 08:30 dan langsung memulai renungan. Setelah renungan selesai, Talent Show pun di mulai, setiap kelompok menunjukan kebolehannya didepan dan di nilai oleh beberapa guru khususnya guru seni. Nilai tersebut nantiknya akan di akumulasikan dengan score yang mereka dapatkan nantinya melalui Games – games yang telah di siapkan panitia. Setelah Talent Show selesai, seluruh kelompok di atur menjadi 8 kelompok besar dimana 1 kelompok besar terdiri dari 2 kelompok kecil, mereka langsung menuju post post untuk mengikuti games yang di lakukan hingga jam 12:00. Games selesai dan merekapun bersiap – siap, mandi dan makan, sementara panitia menghitung jumlah poin yang mereka dapatkan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian hadiah, dan doa pulang. Semua peserta MPLS2B, Guru dan Panitia masuk ke bus pukul 02:00 dan sampai di sekolah pukul 04:30. (OSIS AKT)