Reportase: Pengalaman di Kampung Cidokom

Dua minggu yang lalu, tepatnya Kamis, 18 Februari 2016, saya bersama dengan 4 teman saya mengikuti Leadership Camp (LC) edisi 2 di Kampung Cidokom,Desa Kopo, Kec.Cisarua, Kab.Bogor. Meski bertabrakan dengan jadwal kegiatan lain, saya, Ongky, dan Gregorio tetap datang menyusul Vanessa dan Nenxi yang telah lebih dulu sampai disana. Kami baru sampai di meeting point sekitar jam 5 sore dengan cuaca yang buruk. Belum selesai sampai disitu, kami masih harus berjalan kaki menuju ke Desa Cidokom sejauh 2 Km. Bersama dengan teman-teman dari PENABUR lain dan Ibu Inggrid sebagai pendamping kami, kami memulai perjalanan dengan tawa tanpa mengetahui track seperti apa yang akan kita lewati. Baru jalan beberapa meter, kami sudah dihadapkan dengan jalan menanjak yang lumayan menguras tenaga, ditambah lagi licin akibat disiram hujan. “Setiap hari jalan kaki kayak gini langsung kurus kering gw,”seru Ongky selama perjalanan.

Bermalam di Desa Orang
Pukul 6 sore kurang kami telah sampai di lokasi. Kami langsung di arahkan ke rumah tempat kami tinggal selama 2 hari oleh tim Lapendik. Ternyata saya telah ditunggu oleh teman serumah saya, Silvia dan Kherent. Walau sederhana, namun perabotan rumah milik Ibu Utih ini hampir lengkap. Sepanjang malam kami habiskan dengan berbagi cerita bersama Ibu Utih. “Sebelum lu dateng Bel, kita udah ngecat MCK, anak-anak LC yang lain beresin perpustakaan sambil dikerumunin anak-anak,” cerita Silvi dan Kherent.

Pagi Buta Ditemani Sunrise
Pagi-pagi buta kami sudah terbangun dan langsung bergegas menuju MCK yang letaknya lumayan jauh dari rumah kami. Sepanjang perjalanan menuju MCK, kami dapat menikmati indahnya sunrise ditemani dengan bukit nan jauh serta hamparan padi yang masih hijau. Agenda pagi itu adalah kami harus pergi ke pasar untuk belanja ‘hadiah’ bagi keluarga yang rumahnya kami tempati. Menjadi pengalaman baru bagi saya ketika harus naik angkot dengan jalanan yang menanjak dan sempit.

Ada perjumpaan tentu ada juga perpisahan. Tentunya kegiatan ini menjadi kegiatan yang sangat berkesan bagi kami dan saya secara pribadi. Kami berharap kedepannya kami dapat berkumpul kembali bersama anggota LC lainnya dengan kegiatan yang lebih seru lagi. (Gabriella J.S.)

sumber : http://www.aktmagz.com/2016/03/reportase-pengalaman-di-kampung-cidokom.html