Masak-memasak ala SMAK PENABUR Kota Tangerang

Ada yang berbeda dari kegiatan pramuka siswa/i kelas X SMAK PENABUR Kota Tangerang (AKT), Rabu, 20 Januari 2016 lalu. Segera setelah apel selesai, seluruh sangga pramuka sibuk menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan masak-memasak. Mereka diharuskan untuk memasak berbagai jenis makanan untuk nantinya dinilai oleh para pembina pramuka.

Kelucuan terjadi selama masak-memasak. Ada yang masakannya gosong, ada yang kompornya sampai berasap, bahkan ada pula yang baru pertama kali memasak. “Ternyata masak gak gampang, ya,” ujar salah satu anggota sangga. Meskipun begitu, para anggota sangga mampu menghasilkan makanan yang lezat.

Bukan hanya para anggota sangga, para guru dan bantarapun juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka memasak nasi bagi hampir 200 orang. Mereka juga membantu para sangga yang kesulitan memasak. “Yaa walaupun banyakan nyicip-nyicipnya sih hehehe,” aku salah satu bantara SMAK KT.

Kegiatan memasak dalam Pramuka bertujuan memperlengkapi siswa dalam hal life skills yaitu kemampuan memasak. Ini penting misalkan pada saat ada perkemahan, untuk bisa bertahan hidup siswa harus menyiapkan makanan mereka sendiri di saat tidak ada orang tua yang biasanya menyiapkan makanan mereka,” ujar Pak Rudi Kristiawan selaku pembina pramuka SMAK KT. (Gabriella J.S.)